Cara Mudah Mengobati Luka Akibat Panas Dalam Dengan Cepat

Lidah adalah bagian yang sangat sensitif dari tubuh, sehingga jika lidah kita sakit dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan yang akan kita rasakan. Sakit pada lidah biasanya di awali dengan munculnya benjolan kecil, benjolan merah atau luka pada daerah bawah lidah. Pada khasus tertentu kadang luka tersebut berada pada kulit bibir atau kulit pipi bagian dalam.

Cara Mengobati Luka Akibat Panas Dalam Dengan Cepat
Cara Mengobati Luka Akibat Panas Dalam Dengan Cepat

Tidak ada penyebab yang pasti khususnya untuk lidah sakit. Namun, penyebab paling umum adalah tidak sengaja menggigit lidah atau melukai lidah saat menggunakan tusuk gigi atau sikat gigi.

Penyebab lain diantaranya infeksi virus, faktor keturunan, perubahan hormon dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh lemah, makan terlalu pedas dan makanan asin, gangguan usus atau perut, stres, dan kekurangan mineral dan vitamin seperti seng, asam folat, zat besi dan Vitamin B.

Beberapa solusi alami dapat membantu menyembuhkan dan meringankan rasa sakit jika kita terserang panas dalam. Namun, jika rasa sakit dan peradangan terjadi selama seminggu, konsultasikan dengan dokter atau dokter gigi anda.

Cara Mengobati Luka Pada Lidah, Bibir, Dan Gusi Akibat Panas Dalam

1. Aloe Vera

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Lidah Buaya
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat kuratif dan penyembuh yang dapat mengobati banyak masalah mulut, termasuk panas dalam. Kandungan anti inflamasi membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Gel yang sudah di haluskan dari daun lidah buaya dapat digunakan langsung pada daerah yang terkena luka. Ulangi beberapa kali sehari.
  • Pilihan lain adalah untuk membilas mulut Anda dengan jus lidah buaya 3 atau 4 kali sehari, atau anda bisa mengkonsumsi jus lidah buaya untuk menambah daya tahan tubuh anda dan secara tidak langsung dapat membuat panas dalam anda terselesaikan.

Ikuti salah satu dari cara di atas ini setiap hari sampai rasa sakit dan peradangan hilang.

2. Baking Soda

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Baking Soda
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Baking Soda

Untuk mengobati luka akibat panas dalam, baking soda juga merupakan obat yang baik. Ia memiliki sifat anti inflamasi yang membantu meringankan rasa sakit dan peradangan.
  • Campuran ½ sendok teh baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pada daerah yang terkena luka selama 1 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
  • Anda juga dapat mencampur 1 sendok teh baking soda dalam segelas air hangat dan gunakan larutan sebagai obat kumur lakukan beberapa kali sehari.
  • Gunakan salah satu dari cara pengobatan ini 3 atau 4 kali sehari sampai masalah lidah luka anda hilang.

3. Hidrogen Peroksida

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Hidrogen Proksida
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Hidrogen Proksida

Hidrogen peroksida merupakan antiseptik yang sangat efektif terhadap lidah sakit. Ia memiliki sifat antibakteri yang kuat yang mengurangi risiko infeksi. Gunakan hanya 3 persen hidrogen peroksida.
  • Campur 3 persen hidrogen peroksida dan air hangat.
  • Oleskan pada daerah yang luka menggunakan kapas bersih.
  • Biarkan selama beberapa detik, lalu bilas mulut Anda dengan air hangat.
  • Lakukan ini beberapa kali sehari selama beberapa hari.

4. Garam

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Garam
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Garam

Garam adalah antiseptik alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati lidah, gusi dan bibir sakit akibat panas dalam. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit serta peradangan. Selain itu dapat mencegah infeksi.
  • Campurkan 1 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat. Aduk rata dan gunakan sebagai obat kumur untuk membilas mulut anda sebanyak 3 atau 4 kali sehari sampai sakit tersebut sembuh.
  • Anda bahkan dapat menerapkan sedikit garam secara langsung langsung pada daerah yang luka untuk membantu meringkan sakit. Namun, rasa pedih di awal akan anda rasakan.

5. Akar Manis

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Akar Manis
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Akar Manis

Sifat dari akar manis adalah sebagai obat untuk kerusakan sel kulit dan penghilang rasa sakit yang sangat efektif dalam mengobati lidah,gusi, dan kulit bibir sakit. Tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menenangkan dan meringankan sakit pada daerah yang luka.
  • Campurkan 1 sendok teh bubuk akar manis dengan air secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada daerah yang luka dengan kapas. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi beberapa kali dalam sehari.
  • Anda juga dapat membuat obat kumur dengan merendam 1 sendok makan akar manis dalam 2 gelas air panas selama 3 jam. Gunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari.
Catatan: Mereka yang menderita tekanan darah tinggi tidak di anjurkan untuk menggunakan metode pengobatan ini.

6. Lavender Essential Oil

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Minyak Lavender
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Minyak Lavender

Anda juga dapat menggunakan minyak esensial lavender yang harum untuk mengobati lidah sakit Anda. Minyak ini membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain itu, akan membantu mempercepat penyembuhan dan perbaikan kulit yang luka.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender ke secangkir air hangat. Gunakan untuk berkumur dan lakukan beberapa kali sehari.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampur 3 tetes minyak esensial lavender, 1 sendok teh madu dan ¼ cangkir air panas. Kemudian, encer dengan segelas ½ air dingin. Cara ini bisa anda pergunakan sebagai obat kumur dan lakukan beberapa kali dalam sehari.
Catatan: Jangan menelan minyak esensial lavender. Karena dapat berbahaya untuk kesehatan Anda.

Artikel terkait :

7. Madu

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Madu
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Madu

Madu memiliki sifat menenangkan dan kuratif yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh luka akibat sariawan.
  • Oleskan sedikit madu pada bagian yang lidah, kulit bibir atau gusi yang sakit, anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari sampai kondisi anda lebih baik.
  • Anda juga dapat mencampur 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh kunyit untuk membuat pasta. Mengoleskannya pada luka anda, dan diamkan setidaknya selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan metode ini 3 atau 4 kali sehari selama beberapa hari.

8. Sage

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Sage
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Sage
Sage adalah pilihan lain yang efektif untuk mengobati luka pada lidah, bibir dan gusi akibat panas dalam yang dapat anda lakukan di rumah. Sifatnya dapat membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu, memiliki efek astringent dan penyembuh pada luka.
  • Rebus segenggam daun sage segar dalam 3 sampai 4 cangkir air selama 2 menit, kemudian didihkan selama 5 menit. Saring, dan jadikan sebagai obat kumur. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.
  • Pilihan lain adalah untuk menerapkan bubuk daun saga langsung pada sakit. Lakukan ini 3 atau 4 kali sehari.

9. Cabe Rawit


Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Cabe Rawit
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Cabe Rawit
Bagi sebagian orang pasti akan merasa aneh jika mereka yang sedang luka di obati dengan cabe, namun cabe rawit mengandung capsaicin yang sementara dapat meringannkan rasa sakit. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan cabai rawit untuk menghilangkan rasa sakit akibat luka panas dalam dan peradangan.
  • Siapkan pasta dengan sedikit cabe rawit yang sudah di haluskan dan beberapa tetes air. Oleskan pasta pada daerah yang luka. Ini akan menyebabkan sakit yang sangat hebat pada awalnya, tetapi rasa sakit itu bersamaan dengan bekerjanya cabe rawit dalam proses penyembuhan. Ulangi 2 atau 3 kali sehari.
  • Pilihan lain adalah anda dapat langsung menempelkan kulit cabe rawit bagian dalam ke luka anda.

10. Alum

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Tawas
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Tawas

Tawas (Alum) adalah kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal dan bersifat isomorf. Kristal tawas ini cukup mudah larut dalam air, dan kelarutannya berbeda-beda tergantung pada jenis logam dan suhu, untuk penjelasan lebih lengkap silahkan baca pada wikipedia. Alum memiliki sifat astringent dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan serta dapat mempercepat penyembuhan dengan menghapus kelembaban pada bagian yang sakit.
  • Oleskan sedikit bubuk tawas langsung pada daerah yang terkena.
  • Diamkan selama 1 menit. Jangan menelan tawas.
  • Setelah satu menit, ludahkan air liur Anda dan tawas.
  • Bilas mulut Anda dengan air.
  • Ulangi proses pada hari berikutnya, jika diperlukan.

Tips Tambahan

  • Jika anda tidak mengalami gigi yang sensitif anda dapat menggunakan air es sebagai obat kumur untuk mengurangi rasa sakit dengan cepat.
  • Minum suplemen vitamin B12 untuk mencegah luka yang meluas.
  • Jika Anda alergi terhadap makanan seperti cokelat, jeruk, nanas, stroberi, telur, keju, kacang-kacangan, dan kopi, hindari makanan ini.
  • Penting untuk membersihkan lidah dan seluruh bagian mulut Anda juga agar tetap bersih dan bebas dari infeksi sambil anada menyikat gigi.
  • Teratur bilas mulut Anda dengan obat kumur untuk mencegah infeksi.
  • Jangan merokok atau berhenti merokok pada saat anda luka karena dapat memperlambat proses penyembuhan.
  • Pasta gigi yang mengandung senyawa yang disebut "sodium lauryl sulfate" karena dapat menyebabkan cedera pada sel-sel kulit yang melapisi bagian dalam mulut.
  • Pastikan pada saat anda menggosok gigi menggunakan sikat yang berbulu lembut.

Share:

0 komentar:

Post a Comment